Friday 21 November 2014

Aplikasi Android Wajib Menurut Saya :)


Banyak sekali yang bertanya baik itu di blog ini maupun di Twitter, “bang, aplikasi wajib untuk Android apa ya?” ehm, sebenarnya gak ada yang wajib sih bro, suka-suka aja. Namun sekarang, saya akan sharing aplikasi yang wajib ada di setiap Android saya, jadi setiap Android baik itu Tablet / Smartphone milik saya, pasti ada aplikasi ini. Apa sajakah itu?

  1. All-in-One Toolbox
    Aplikasi ini banyak sekali fungsinya, dari mulai untuk mematikan startup (aplikasi yang jalan otomatis setiap HH dihidupkan), untuk menghapus cache,  untuk mengetahui sisa RAM, untuk mengetahui proses-proses aplikasi yang berjalan dan mematikannya, menghapus history / jejak, sampai bisa untuk menghapus serta menginstall aplikasi serta mem-backup aplikasi. Pokoknya aplikasi ini komplit banget, wajib banget lah. Aplikasi All-in-One Toolbox ini bisa di dapatkan di sini.
  2. BatteryGuru
    Aplikasi BatteryGuru berfungsi sebagai penghemat baterai. Oiya, BatteryGuru ini KHUSUS bagi yang memakai prosesor Snapdragon saja. Jadi yang selain prosesor tersebut, sepertinya aplikasi ini sia-sia saja :D Aplikasi ini bisa didapatkan di sini.
  3. CamScanner
    Sebagai seorang dosen, saya selalu dihadapkan dengan nilai-nilai dan tugas-tugas dari atasan atau dari mahasiswa-mahasiswa saya. Maka dari itu untuk menunjang kinerja, terutama dalam hal pemindaian, CamScanner ini berguna untuk menggantikan fungsi Scanner. Download di sini.
  4. Drive / Google Drive
    Aplikasi ini biasanya sudah ada di saat kita membeli Android, karena memang ini aplikasi bawaan. Aplikasi ini fungsinya untuk membackup data-data kita ke cloud. Jadi gak perlu kuatir data kesayangan / data penting kita hilang.
  5. Aquamail
    Fungsinya sangat penting, yaitu untuk EMAIL. Dengan Aquamail ini, saya bisa menghemat aplikasi, jadi tidak perlu menggunakan Gmail & YahooMail lagi. Selain menghemat RAM, baterai pun juga irit. Download di sini.
  6. FX / File Explorer
    Untuk urusan file management, saya selalu menggunakan FX / File Explorer ini. Sejak 2010 saya mempunyai Android pertama, File Explorer inilah yang UI / user interface nya menyerupai dengan File Explorer yang ada di Windows. Jadi saya sudah cinta mati dengan aplikasi ini. Selain itu fungsinya juga sama dengan Root Explorer, bisa juga untuk editing di system dan aplikasi ini biasanya otomatis set permission, itu yang membuat saya betah dengan aplikasi ini :) Download aja di sini.
  7. Greenify
    Tentu saja ini adalah aplikasi WAJIB. Bahkan bisa jadi semua orang yang memakai Android, pasti menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini berfungsi untuk menghemat RAM dan baterai dengan cara meng-hibernate aplikasi yang sedang tidak digunakan. Download di sini.
  8. Guitar Tuner
    Hobi saya adalah bermain musik. Dan saya juga mempunyai sebuah band yang beranggotakan cuma 2 orang, yaitu FrameWorks. Aplikasi ini berfungsi untuk menyetem atau menyetel suara gitar agar tidak fals :D Download di sini.
  9. Internet Speed Meter
    Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur limit dari internet kita. Jadi misalnya kita per bulan itu kuotanya adalah 6GB, maka aplikasi inilah yang akan memberitahukan kita kapan kuota kita akan habis dan juga memberitahukan penggunaan internet kita per hari nya. Selain itu, Internet Speed Meter juga mengukur kecepatan download dan upload kita, jadi kita bisa mengetahui apakah internet kita sedang cepat atau lemot. Download di sini.
  10. Keep / Google Keep
    Dahulu untuk mencatat hal-hal penting, saya selalu menggunakan cara konvensional, seperti kertas atau cara modern dengan menggunakan Evernote. Tapi setelah saya mengenal KEEP, saya langsung jatuh hati kepadanya. Alasannya adalah karena kemudahaannya. Apalagi Keep ini adalah besutan Google, jadi dimanapun saya berada, asalkan ada internet, saya bisa mengakses catatan-catatan saya baik itu melalui PC, bisa diakses di https://drive.google.com/keep/atau melalui smartphone. Download di sini.
  11. MX Player
    Aplikasi pemutar video yang support hampir semua format video, dari 3gp, flv, mkv, dat, mov, wmv, dll. Selain itu juga support subtitle, enak banget saat menonton file. Download di sini.
  12. Shuttle
    Aplikasi ini biasanya untuk menggantikan fungsi aplikasi musik bawaan yang menurut saya kurang memuaskan. Download di sini.
  13. Babe
    Aplikasi Babe (Baca Berita) ini adalah aplikasi lokal karya bangsa kita, Indonesia. Aplikasi ini cukup menarik, karena fungsinya hampir seperti Flipboard, jadi menyatukan berita-berita dari berbagai sumber, baik itu Detik, Okezone, Goal, MalesBanget, dll menjadi satu wadah dan yang lebih istimewa adalah sudah dikategorikan. Recommended banget pokoknya aplikasi ini untuk menemani kita saat di toilet atau untuk membaca berita-berita terkini. Download di sini.
  14. Nova Launcher
    Launcher kesayangan saya, karena full modification. Enak banget untuk dioprek, selain itu ringan dan smooth. Download di sini.
  15. Pocket
    Aplikasi Pocket ini adalah Aplikasi yang biasanya pertama saya install. Mengapa? Karena aplikasi ini berfungsi untuk menyimpan artikel dari internet dalam bentuk bacaan offline. Jadi kita tidak perlu online atau terhubung internet saat membacanya. Download di sini.
  16. Superbeam
    Aplikasi inilah yang membuat saya melupakan fungsi dari teknologi Bluetooth. Jadi aplikasi ini fungsinya adalah untuk bertukar data dari satu HH ke HH lainnya melalui Wifi. Jadi lebih cepat daripada menggunakan bluetooth. Download di sini.
  17. Swiftkey
    Aplikasi pengganti keyboard bawaan. Fitur swype nya membuat saya ketagihan. Selain membuat proses mengetik kita jadi lebih cepat, Swiftkey juga memanjakan kita dengan berbagai tema yang dapat kita ganti-ganti. Selain itu support bahasa Indonesia dan Jawa. Mantap banget kan. Download aja langsung di sini.
  18. Sygic
    Karena saya sering tugas keluar kota, aplikasi navigasi ini sangat penting sekali dalam menunjang pekerjaan saya saat tugas keluar kota. Download di sini.
  19. Teamviewer
    Sebagai seorang dosen, saya sangat memerlukan fitur dari aplikasi Teamviewer dalam proses belajar mengajar. Jadi saya tinggal me-remote PC di ruangan tempat saya mengajar dengan tablet / smartphone saya. Dengan Teamviewer ini proses belajar mengajar akan jauh lebih efektif dan komunikatif. Download di sini.
  20. Titanium Backup
    Inilah aplikasi paling PENTING dalam kehidupan saya, lebay ya? hahaha… Tetapi benar saja, karena saya sering oprek Android saya, baik itu gonta-ganti ROM atau mencoba Porting ROM, maka saya selalu menggunakan aplikasi ini, supaya tidak perlu repot dalam menginstall aplikasi-aplikasi saya yang biasanya jumlah-nya cukup banyak. Jadi ditinggal tidur saja, aplikasi-aplikasi + game-game saya pun kembali lagi sedia kala tanpa kurang satu apapun. Gak perlu lagi deh takut kehilangan aplikasi atau game kesayangan. Download di sini.
  21. Wifi File Transfer
    Aplikasi ini sangat penting sekali, apalagi saat saya di kantor. Aplikasi ini berfungsi untuk memindahkan file / data saya dari PC ke Smartphone / tablet atau sebaliknya tanpa perlu repot menggunakan kabel data. Jadi hanya dengan menggunakan Wifi dari kantor saya, kita sudah bisa memindahkan file-file penting kita tanpa ribet. Download di sini. Lihat tutorial dari saya di sini.
  22. Zipme
    Aplikasi ini berfungsi untuk membuat flashable-zip. Karena saya doyan sekali oprek, terkadang ada beberapa file di system yang lupa tidak saya masukkan, baik itu data lib, system/app, atau yang lain-lain. Nah, daripada saya repot flash ulang ROM nya, lebih baik saya buat saja dalam bentuk zip file yang saya inginkan dengan aplikasi ini. Download di sini.
  23. WordPress
    Ya tentu aja ini penting lah. Kalau gak ada aplikasi ini, blog ini dan tentu saja tulisan ini tidak mungkin ada, karena ini juga saya buat langsung melalui tablet Android, hehehe… Download di sini.
  24. XDA
    Aplikasi ini untuk update aja di forum Android terbesar di dunia :) Download di sini.
Nah, itu dia aplikasi-aplikasi WAJIB yang biasanya selalu saya install. Selain itu sebenarnya masih ada beberapa lagi seperti sosial media, yaitu Tweetcaster, Telegram, Instagram dan Timehop.
Masih ada lagi tools untuk editing, seperti Xposed Installer serta module-modulenya yaitu GravityBox, XBlastTools, Instagram Downloader, App Settings, YouTube AdAway, XuiMod, Xposed Call Blocker dan XHaloFloatingWindow.

Karena ini mengetiknya di tablet sambil menunggu pelatihan mulai lagi habis makan siang, hehehe, maka sekian dulu share saya tentang aplikasi wajib di Android. Mungkin ada yang terlewat dari saya tentang aplikasinya, nanti akan saya update. Kalau teman-teman ada tambahan, nanti bisa ditambahkan di komentar ya… Happy Oprek! Gak Bootloop, Gak Ganteng :D

No comments:

Post a Comment